SEDANG DALAM TAHAP UJI COBA!!!

Selasa, 09 Februari 2016

Tugu Soerjo Magetan

Untuk mengenang jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Kabupaten Magetan membuat tugu yang dinamakan tugu bundaran Soerjo dekat alun-alun Kabupaten Magetan.
Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo (biasa dikenal dengan nama Gubernur Soerjo); Magetan, 9 Juli 1895 – Bago Kedunggalar, Ngawi, 10 September 1948 adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau adalah Gubernur pertama Jawa Timur.R.M. T Soerjo membuat perjanjian gencatan senjata dengan Komandan pasukan Inggris Brigadir jendral Mallaby di Surabaya pada tanggal 26 Oktober 1945.
Tanggal 10 September 1948, mobil R.M. T Soerjo dicegat pemberontak anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) di Kedunggalar, Ngawi. 2 (dua) Perwira Polisi yang lewat dengan mobil ikut ditangkap. Ketiga orang lalu ditelanjangi, diseret ke dalam hutan dan dibunuh. Mayat ke 3 orang ditemukan keesokkan harinya oleh seorang pencari kayu bakar.
R.M.T Soerjo dimakamkan di Kabupaten Magetan. Sebuah Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa-jasanya terletak di Kecamatan kedunggalar Kabupaten Ngawi.

Maka dari itu tak ada salahnya apabila tugu bundaran Soerjo ini kita jadikan tempat wisata bagi wisatawan domestik maupun non domestik.

0 komentar:

Posting Komentar